Cara Menyembuhkan Stroke Sebelah Kiri

Cara Menyembuhkan Stroke Sebelah Kiri

Cara Menyembuhkan Stroke Sebelah Kiri – Penyakit stroke memang merupakan penyakit yang berbahaya karena penyakit ini merupakan penyebab kematian terbesar hingga saat ini, tidak jarang pula penyakit stroke ini menyebabkan kematian mendadak. Mungkin anda salah satu yang sedang menderita penyakit stroke sebelah kiri. Tenang tidak perlu kuatir karena disini anda akan membahas artikel tentang Cara Menyembuhkan Stroke Sebelah Kiri.

Cara Menyembuhkan Stroke Sebelah KiriRasanya tidak ada yang tidak kenal dengan penyakit stroke karena penyakit ini merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian yang mematikan. Stroke berada di tempat ketiga penyakit paling mematikan setelah kanker dan jantung.

Penderita penyakiti stroke di indonesia sendiri berada di kisaran 500.000 orang yang menderita penyakit stroke dimana 2.5% nya meninggal dunia dan sisanya menderita cacat ringan ataupun berat.

Tingginya orang yang terkena penyakit stroke mengingatkan agar kita selalu menjaga kesehatan dan untuk selalu waspada akan bahayanya penyakit stroke.

PENGERTIAN STROKE

Stroke adalah suatu kondisi dimana rusaknya sebagian otak. Stroke terjadi apabila pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat, robek atau bocor.

Stroke adalah hilangnya fungsi fungsi otak dengan cepat, karena gangguan suplai darah ke otak. Hal ini dapat terjadi berkurangnya aliran darah ke otak diakrenakan oleh penyumbatan arterial atau adanya pendarahan.

Secara praktis, serangan stroke di bagi menjadi dua yang pertama :

Ischemic, serangan yang satu ini bisa disebabkan karena adanya penyumbatan di pembuluh darah sehingga darah tidak dapat mengalir ke otak. Kondisi ini disebabkan karena adanya sumbatan yang diakibatkan oleh lemak di pembuluh darah sehingga pembuluh darah akan menyempit.

Hemorrhagic, Serangan ini terjadi ketika pembuluh darah melemah dan kemudian pecah sehingga darah mengumpul di daerah otak. Hampir 70% penyakit ini terjadi pada penderita hipertensi.

Penyebab Penyakit Stroke

Terdapat dua faktor yang menjadi penyebab terjadinya stroke :

Faktor Resiko Medis

Faktor resiko medis yang menyebabkan atau memperparah stroke antara lain karena penyakit hipertensi, pengerasan pembuluh darah (arteriosklerosis), kolesterol, diabetes, gagal jantung, migren, dan faktor keturunan. Menurut data statistik yang menjadi penyebab paling besar penyakit stroke adalah Hipertensi dan Arteriosklerosis.

Faktor Resiko Prilaku

Faktor yang satu ini disebabkan karena buruknya gaya hidup, pola hidup yangn tidak sehat, mengkonsumsi minuman berahkohol, sering merokok, dan gemar mengkonsumsi makanan cepat saji (junk food). Faktor prilaku lainnya adalah kurangnya berolahraga, obesitas, ataupun suasana hati yang sedang tidak tenang akan mempengaruhi.

Hasil penelitian menunjukan 1 dari 3 orang yang menderita stroke kebanyakan tidak menyadari bahwa mereka menderita stroke, gejala yang muncul seperti pendahuluan berupa ministroke dalam kurun waktu dari 7 hari sebelum serangan terjadi.

Namun sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa itu merupakan ministroke, Oleh karena itu bila anda merasakan salah satu gejala dibawah ini, segera konsultasikan kondisi anda ke dokter :

  • Pusing yang timbul secara mendadak tanpa sebab yang jelas
  • Kesulitan untuk melihat dengan satu atau dua mata secara mendadak
  • Kesulitan berjalan, pusing atau hilangnya keseimbangan atau koordinasi tubuh secara mendadak
  • Mati rasaatau merasa lemas di bagian muka, lengan atau kaki secara mendadak, terutama di satu sisi tubuh saja
  • Kesulitan untuk berbicara, mengerti, atau bingung secara tiba tiba

Pencegahan Stroke

Pencegahan stroke bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat, dengan teratur berolahraga, mengurangi makan makanan yang berlemak, makanan cepat saji, tidak merokok dan minum alkohol. Penanganan penyakit stroek dapat dilakukan dengan langkah langkah berikut yaitu Airway, Breathing dan Circulation.

Penanganan ini dilakukan saat terjadi stroke. Airway artinya membuka jalan pernafasan penderita. Breathing artinya memberikan bantuan oksigen melalui hidung atau bantuan pernafasan buatan. Dan Ciculation artinya dengan pemantulan EKG. Hali ini bisa dilakukan di rumah sakit.

Penyembuhan Stroke

Penyembuhan stroke dapat dilakukan dengan dua cara.

Pertama, penyembuhan dengan menggunakan obat obatan medis dari dokter. Pengobatan dengan menggunakan bantuan obat obatan medis harus secara continue dan terus menerus di jaga kadar kolesterol jahat dalam darahnya.

Selain obat dari dokter obat tradisional juga dianjurkan untuk penderita stroke seperti obat untuk melancarkan peredaran darah, Obat Stroke, dll.

Kedua, dengan menjalankan fisiotherapy. Terapi ini adalah terapi untuk menjalankan dan mengembalikan kerja otot otot tubuh agar seperti kondisi semula. Fisiotherapi dilakukan oleh pasien yang di dampingi instruktur. Terapi ini juga mengharuskan jadwal yangn rutin dan disiplin. Pasalnya jika tidak dilakukan secara rutin akan menyebabkan kelumpuhan.

Untuk tingkat keberhasilan sembuh dari penyakit stroke bervariasi. Ada yagn bisa sempurna ada yang hanya 50 % saja. Kesembuhan penyakit stroke ini. Tergantung pada kondisi serangan stroke. Selain itu ketekunan, keuletan dan kemauan penderita untuk sembuh juga turut menyumbang presentase kesembuhan penyakit stroke.

Selain itu semua dukungan keluarga penderita stroke terhadap penderita juga sangat penting. Dukungan ini sangat membantu proses penyembuhan penderita. Motivasi dan kehangatan kasih sayang keluarga tentu akan menimbulkan semangat penderita.

Post By : Cara Menyembuhkan Stroke Sebelah Kiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *