Benarkah Pembuluh Darah Di Otak Pecah Bisa Sebabkan Stroke?

Benarkah Pembuluh Darah Di Otak Pecah Bisa Sebabkan Stroke?

Pecahnya pembuluh darah bisa terjadi di bagian mana saja, termasuk kulit, mata dan yang paling sering adalah di otak. Jika pembuluh darah yang pecah terjadi di otak, dapat menimbulkan pendarahan otak atau biasa disebut brain hemorrhage.

Pendarahan ini akan berakibat fatal karena bisa mengakibatkan matinya sel-sel otak yang tentunya memicu berbagai penyakit, salah satunya stroke.

Benarkah Pembuluh Darah Di Otak Pecah Bisa Sebabkan Stroke?

“Diperkirakan sekitar 13 persen yang terkena stroke disebabkan oleh pendarahan otak”

Seperti dikutip dari WebMD, selasa (25/6/13), stroke merupakan kondisi ketika pembuluh darah di otak pecah. Tanpa pengobatan, sel-sel otak dengan cepat mulai mati. Dan akibatnya bisa menyebabkan cacat serius hingga kematian.

Stroke juga merupakan sebuah kondisi ketika salah satu sel tidak berfungsi karena tidak cukupnya oksigen. Ini terjadi karena aliran darah tidak lancar, sehingga pasien stroke akan kehilangan kemampuannya untuk bicara dan masalah ingatan lainnya.

Faktor Risiko dan Penyebab Pembuluh Darah Pecah Di Otak

  • Adanya tumor pada otak.
  • Aneurisma atau makin lemahnya dinding pembuluh darah yang mengalami pembengkakan. Jika sudah parah, pembuluh darah akan meledak dan membanjiri otak dengan darah, sehingga menimbulkan stroke.
  • Angiopati amiloid, yakni adanya kelainan dinding pembuluh darah yang pada umumnya diakibatkan oleh kolaborasi umur yang kian menua dan tekanan darah tinggi.
  • Cedera kepala, merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya pendarahan otak pada orang-orang yang berusia di bawah 50 tahun.
  • Kelainan darah, seperti hemofilia dan anemia sel sabit yang berkontribusi terhadap terjadinya penurunan kadar trombosit darah.
  • Kelainan pembuluh darah atau malaformasi arteriovenosa, yakni lemahnya pembuluh darah di dalam dan di sekitar otak yang didapat sejak lahir.
  • Penyakit hati yang biasanya berhubungan dengan peningkatan terjadinya perdarahan internal.
  • Tekanan darah tinggi yang terjadi selama bertahun-tahun, sehingga menyebabkan dinding pembuluh darah melemah. Jika tidak diobati, tekanan darah tinggi bisa menjadi penyebab utama terjadinya peradarahan otak, dan bisa memicu terjadinya stroke.

Penanganan Stroke Akibat Pecahnya Pembuluh Darah

Bila stroke terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di otak, maka Anda harus segera memeriksakannya ke Rmuah Sakit.

Karena jika pendarahan sampai terjadi di otak dan terlambat ditangani lebih awal pengobatannya sangat sulit dan membutuhkan waktu berbulan-bulan lamanya untuk bisa menghilangkannya.

Sebagian besar pasien yang selamat dari pembuluh darah pecah di otak berkemungkinan mengalami masalah sensorik, kejang, sakit kepala, atau masalah pada ingatan.

Untuk itu, bagi Anda yang selamat dari kondisi ini tetap membutuhkan usaha untuk memulihkan kondisi agar maksimal, mulai dari terapi fisiki, hingga terapi berbicara.

Penanganan stroke akibat pembuluh darah pecah menggunakan obat herbal

Disamping pengobatan medis, Anda juga bisa melakukan pengobatan untuk mengatasi pembuluh darah pecah yang bisa sebabkan stroke secara alami.

Pengobatan herbal yang kami rekomendasikan untuk mengatasi keluhan tersebut adalah dengan QnC Jelly Gamat ( QJU ) dari 100% ekstrak teripang emas yang diketahui dapat membantu melancarkan aliran darah yang tersumbat, sekaligus mencegah komplikasi yang bisa kapan saja terjadi salah satunya stroke.

Perbaiki Pola Hidup Bisa Mencegah Pecahnya Pembuluh Darah

Pembuluh darah yang pecah merupakan kondisi yang kebanyakan bisa dicegah, Anda disarankan untuk menghentikan kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Disamping itu, olahraga secara rutin sudah sepatutnya dipertahankan, yakni minimal 150 menit perminggu dengan olahraga sedang atau 75 menit dengan intensitas tinggi, atau kombinasi dari keduanya.

Demikian sedikit penjelasan mengenai pembuluh darah di otak pecah yang bisa sebabkan stroke, ternyata benar adanya. Semoga dengan adanya informasi ini menambah pengetahuan Anda, dan semakin waspada terhadap pemicu-pemicu terjadinya pembuluh darah pecah.

Baca : Resep makanan untuk penderita stroke yang bagus

Benarkah Pembuluh Darah Di Otak Pecah Bisa Sebabkan Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *